Sudut Pandang

Dibawah tekanan era globalisasi dan banyaknya perusahaan asing yang masuk ke Indonesia, membuat masyarakat untuk selalu bersiap menghadapai keadaan ini. 

Banyak dari mereka yang merasa sangat kesulitan, tapi tak jarang dari mereka merasa sangat diuntungkan. Ini mengapa Indonesia mengalami inflasi yang cukup signifikan, termasuk biaya pendidikan. 

Mahalnya biaya pendidikan di Indonesia sekarang membuat masyarakat merasa sangat kesusahan. Untuk mendapatkan pendidikan, masyarakat harus rela mengeluarkan uang dengan jumlah yang banyak.

Dunia pendidikan menjadi imbas. Sekarang sudah bukan masyarakat mampu secara otak, melainkan bagi mereka yang mampu secara materi akan mendapatkan pendidikan terbaik dengan berbagai macam fasilitas di sekolah ataupun universitas. 

Banyak dari mereka yang berprestasi tapi tidak punya biaya, yang akhirnya membuat mereka menjadi buntu dan tidak bisa melanjutkan sekolah, sehingga mereka tidak bisa mengembangkan kemampuannya.

Persoalan ini menjadi semakin komplit ketika pendidikan diciptakan dengan seadanya, yang akhirnya timbul pertanyaan. Bagaimana bisa bangsa ini menjadi besar jika sumber daya manusia diciptakan dengan seadanya? Apakah ini cukup menjadi solusi? Semoga pemerintah segera membenahi sistem pendidikan yang ada disini.

Aku merasa bangsa ini sangat kaya dengan segala macam sumber daya alam yang dimilikinya, ini semua akan menjadi lebih kaya bila diimbangi dengan kemampuan yang memadai. Aku harap pemerintah mau membenahi sistem pendidikan kita, yang dibarengi dengan pembenahan sistem pemerintahan pula. Agar globalisasi tidak menjadi ancaman bagi siapapun, baik dalam dunia pendidikan, ekonomi, sosial budaya maupun yang lainnya.

0 comments:

Post a Comment